RSS

Beberapa Gagasan Mengatasi Persoalan Kepadatan Lalu Lintas

02 Apr

Kepadatan lalu lintas menjadi masalah hari seiring dengan peningkatan jumlah penduduk dan jumlah kendaraan di beberapa kota metropolitan di Indonesia.  Berbagai upaya dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini, namun hingga saat ini kita masih mendengar, melihat, mengalami  dan merasakan sendiri permasalahan kepadatan lalu lintas ini.

Berikut beberapa gagasan yang bisa jadi dapat mengurangi permasalahan kepadatan lalu lintas:

  1. Menyediakan sarana transportasi massal yang nyaman dalam jumlah yang cukup.  Program busway dan sejenisnya dapat ditingkatkan baik dari kuantitas kendaraannya maupun kualitas pelayanannya sehingga masyarakat lebih suka naik busway dibanding naik kendaraan pribadi.
  2. Menyediakan lahan parkir yang luas di stasiun kereta api, dan meningkatkan kualitas fisik kereta api jarak pendek (KRL). Diharapkan masyarakat yang tinggal di luar kota dapat memarkir kendaraannya di stasiun dan beralih naik kereta menuju kantornya.
  3. Menyediakan MRT (mass rapid transportation), seperti monorail,  sebagai salah satu alternatif kendaraan umum yang bebas dari kemacetan.
  4. Membatasi jumlah kepemilikan kendaraan dengan mengenakan pajak progresif bagi keluarga yang memiliki kendaraan lebih dari satu.
  5. Membatasi kendaraan yang keluar ke jalan umum dengan aturan misalnya kendaraan bernomor polisi genap boleh keluar ke jalan umum pada hari Senin, Rabu, Jumat, sedangkan kendaraan bernomor polisi ganjil boleh keluar pada hari Selasa, Kamis dan Sabtu.
Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on April 2, 2012 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s