RSS

Tips Menulis Soal yang Baik

12 Mar
  1. Rumuskan pertanyaan sehingga tugas dapat didefinisikan dengan jelas oleh siswa. Kata-kata seperti mendiskusikan dan menjelaskan bisa bermakna ganda. Jika Anda menggunakan kata “mendiskusikan”, maka perjelas dengan memberikan petunjuk khusus tentang topik yang harus dibahas.Kurang Jelas: Diskusikan filsafat Karl Marx.Lebih Baik: Bandingkan Marx dan Nietzsche dalam analisis mereka tentang permasalahan yang mendasari masyarakat Eropa abad ke-19.Pertanyaan yang dinyatakan dengan jelas tidak hanya membuat siswa lebih mudah untuk menjawab, tapi juga membuat pengajar lebih mudah untuk menilainya.
  2. Untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap keseluruhan isi materi, sebaiknya menggunakan jumlah pertanyaan yang relatif banyak yang membutuhkan jawaban lebih pendek, bukan hanya beberapa pertanyaan yang memerlukan jawaban panjang.
  3. Hindari penggunaan pertanyaan pilihan pada soal esai. Jika ada lima pertanyaan esai dan siswa diminta untuk menjawab tiga dari mereka, maka ada sepuluh tes yang mungkin berbeda. Hal ini membuat sulit untuk membedakan antara siswa yang bisa merespon dengan benar untuk semua soal, dan siswa yang hanya bisa menjawab tiga soal. Penggunaan pertanyaan pilihan juga mempengaruhi konsistensi nilai. Jika kita akan membandingkan siswa untuk tujuan penilaian, maka semua siswa harus melakukan tugas yang sama. Masalah lain adalah bahwa siswa tidak perlu mempelajari semua materi jika mereka tahu akan memiliki pilihan dari pertanyaan yang diberikan.
  4. Untuk setiap pertanyaan, tunjukkan jumlah nilai yang akan diperoleh untuk jawaban yang benar. Jika waktu yang tersedia cukup singkat, siswa mungkin harus memilih pertanyaan untuk dijawab. Mereka akan berusaha menjawab pertanyaan-pertanyaan yang memiliki nilai terbanyak.

Contoh Soal:

  1. Bandingkan filsafat barat pada abad pertengahan dengan abad modern!
  2. Jelaskan pembagian pengetahuan menurut Aritoteles dan pemikiran para penentangnya!
  3. Jelaskan aliran-aliran filsafat yang berkembang pada abad modern!

Sumber : “HOW TO WRITE BETTER TESTS”, http://www.indiana.edu

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on March 12, 2012 in Filsafat Ilmu

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s