RSS

Kecerdasan

05 Mar

Beberapa ilmuwan mendefinisikan kecerdasan sebagai berikut :

  1. Kemampuan mental yang meliputi kemampuan untuk berpikir, merencanakan, memecahkan masalah, berpikir abstrak, memahami ide-ide yang kompleks, belajar dengan cepat dan belajar dari pengalaman. Bukan hanya mempelajari buku atau keterampilan akademis yang sempit. Sebaliknya, itu mencerminkan kemampuan yang lebih luas dan lebih dalam untuk memahami lingkungan kita dan mengetahui apa yang harus dilakukan. (Mainstream Science on Intelligence, 1994)
  2. Setiap individu berbeda dengan individu lainnya dalam kemampuan untuk memahami masalah yang komplek, beradaptasi secara efektif dengan lingkungannya, belajar dari pengalaman, terlibat dengan beberapa macam jenis pemikiran, mengatasi masalah dengan pemikirannya. Meskipun perbedaan individual ini cukup mendasar, mereka tidak sepenuhnya selalu konsisten: kinerja intelektual seseorang akan berbeda pada kesempatan dan tempat lainnya. Konsep kecerdasan adalah upaya untuk menjelaskan dan mengatur rangkaian fenomena yang kompleks ini. (Intelligent: Knowns and Unknowns, 1995)

Pendekatan untuk memahami kecerdasan yang paling banyak dipublikasikan dan didukung secara luas selama periode waktu terpanjang adalah berdasarkan berdasarkan tes psikometri (IQ). Pengukuran kecerdasan dilakukan dengan menggunakan tes tertulis atau tes tampilan (performance test) atau saat ini berkembang dengan pengukuran dengan alat bantu komputer. Alat uji kecerdasan yang biasa dipergunakan adalah :

  • Stanford-Binnet intelligence scale
  • Wechsler scalesyang terbagi menjadi beberapa turunan alat uji seperti :
    • WB (untuk dewasa)
    • WAIS (untuk dewasa versi lebih baru)
    • WISC (untuk anak usia sekolah)
    • WPPSI (untuk anak pra sekolah)
  • IST
  • TIKI (alat uji kecerdasan Khas Indonesia)
  • FRT
  • PM-60, PM Advance

Namun demikian, uji kecerdasan ini tetap memiliki beberapa kelemahan. Kelemahan dari alat uji kecerdasan ini adalah terdapat bias budaya, bahasa dan lingkungan yang mempengaruhinya. Kekecewaan terhadap tes IQ konvensional menimbulkan pengembangan sejumlah teori alternatif, yang semuanya menegaskan bahwa kecerdasan adalah hasil dari sejumlah kemampuan independen yang berkonstribusi secara unik terhadap tampilan manusia.

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on March 5, 2012 in Filsafat Ilmu

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s