RSS

Membaca Jurnal Ilmiah dengan Cepat

17 Feb

Sekedar oleh-oleh dari kuliah Metode Penelitian.

Bagi yang bergelut dalam penelitian atau studi S2 – S3, jurnal ilmiah tentu bukan sesuatu yang asing. Seorang peneliti harus mengakrabkan diri dengan jurnal ilmiah, mulai dari mencari di berbagai situs internet (salah satunya di Google Scholar), mengunduh, memilah-milah dalam folder yang sesuai, dan tentu saja membacanya.  Bisa jadi ada puluhan bahkan ratusan makalah yang bisa kita peroleh terkait dengan topik penelitian kita.

Masalahnya, apakah kita akan membaca semua makalah yang sudah kita dapat tersebut?  Tentu saja tidak!  Kita harus menyeleksi mana di antara puluhan-ratusan makalah tersebut yang benar-benar kita perlukan.  Di sinilah perlu kejelian kita untuk memilih makalah yang benar-benar sesuai dengan penelitian kita.

Berikut saran untuk membaca jurnal ilmiah dengan cepat yang diperoleh dari sumber aslinya yang sudah malang melintang di dunia penelitian, semoga bermanfaat.

1. Bagian Judul

Judul biasanya mencantumkan problem yang akan diselesaikan, metode yang digunakan untuk menyelesaikannya, dan (yang ini optional) domain penelitian.  Temukan bagian-bagian tersebut dari makalah yang kita baca, sehingga dari judul saja kita bisa memilah makalah yang kita perlukan dan yang tidak.

2. Bagian Abstrak

Abstrak berisi ringkasan makalah dengan memberikan penekanan pada masalah yang diselesaikan, metode yang dipakai, dan hasil utama yang diperoleh. Biasanya ditulis dalam satu paragraf dan tidak lebih dari 200 kata.

3. Bagian Introduction

Pada bagian introduction kembali diungkap latar belakang permasalahan dan penegasan pada permasalahan yang masih terbuka yang akan diselesaikan dengan penelitian ini. Kemudian dilanjutkan dengan kontribusi yang akan diberikan oleh peneliti untuk menyelesaikan masalah tersebut menggunakan metode yang dilakukan pada penelitian ini.

4. Bagian Isi

Untuk saat ini, cukup dicatat metode yang digunakan, belum perlu untuk mendalami secara rinci bagaimana metode tersebut dapat menyelesaikan masalah.  Ingat, pada tahap awal kita sebatas menyeleksi mana makalah-makalah yang benar-benar terkait dengan penelitian kita. Baru pada tahap berikutnya, saat kita memerlukan untuk mendalami metode tersebut, baru kita baca bagian ini lebih seksama.

5. Bagian Conclusion

Berisi rangkuman hasil penelitian dan penjelasan mengapa hasilnya demikian.  Kadang juga disebutkan “celah-celah” yang masih terbuka yang masih bisa dikerjakan pada penelitian berikutnya. “Celah” ini pada beberapa makalah ditulis pada bagian tersendiri, yaitu Future Works.

About these ads
 
Leave a comment

Posted by on February 17, 2012 in Metode Penelitian

 

Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.